Peningkatan Motorik Anak Melalui Program Kebugaran Jasmani Berbasis Permainan
DOI:
https://doi.org/10.37742/aksararaga.v7i1.34Kata Kunci:
motorik anak, kebugaran jasmani, permainan fisik, pengembangan motorik, anak usia diniAbstrak
Pengembangan keterampilan motorik pada anak usia dini merupakan aspek penting dalam mendukung tumbuh kembang mereka secara optimal [1]. Tumbuhkembang ini akan berkorelasi dengan tingkat kebugaran jasmani [2]. Permasalahan yang sering ditemukan adalah kurangnya aktivitas fisik yang sesuai dengan kebutuhan anak, sehingga menghambat perkembangan motorik kasar mereka. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik anak melalui pendekatan kebugaran jasmani berbasis permainan [3]. Program ini dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan sekaligus mendukung kebugaran fisik.
Metode yang digunakan melibatkan beberapa tahapan utama, yaitu identifikasi kebutuhan, desain program permainan fisik, pelatihan fasilitator, implementasi program, serta evaluasi dan penyempurnaan. Permainan dirancang dengan mempertimbangkan aspek usia dan kemampuan anak, serta melibatkan partisipasi aktif orang tua dan pendidik. Kegiatan ini dilaksanakan di wilayah tertentu dengan karakteristik anak-anak usia dini, fasilitas terbatas, dan kesadaran masyarakat yang perlu ditingkatkan terkait pentingnya aktivitas fisik.
Hasil yang diharapkan dari program ini mencakup peningkatan keterampilan motorik kasar anak, peningkatan pemahaman orang tua dan pendidik mengenai pentingnya kebugaran jasmani, serta panduan berbasis permainan yang dapat digunakan secara berkelanjutan. Target luaran program meliputi publikasi ilmiah, modul pelatihan, panduan kebugaran jasmani, dan laporan dokumentasi kegiatan.
Program ini diharapkan memberikan kontribusi nyata dalam mendukung perkembangan motorik anak usia dini, meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kebugaran jasmani, serta menjadi model yang dapat diimplementasikan di berbagai wilayah lain