Pelatihan Pembelajaran Fun Basketball Berbasis Permainan Untuk Meningkatkan Minat Dan Motorik Dasar Siswa Sekolah Dasar Di Kecamatan Cicalengka

Penulis

  • Yopi Meirijal Yopi Meirijal sekolah tinggi keguruan dan ilmu pendidikan pasundan
  • Sony Hasmarita Sekolah tinggi keguruan dan ilmu pendidikan pasundan
  • Muchamad Ishak Sekolah tinggi keguruan dan ilmu pendidikan pasundan

DOI:

https://doi.org/10.37742/aksararaga.v7i2.130

Kata Kunci:

Fun basket bal, Minat siswa, Motorik dasar, Guru pjok, Pembelajaran berbasis permainan

Abstrak

Program Program pelatihan Fun Basketball berbasis permainan dilaksanakan untuk meningkatkan pemahaman guru PJOK Sekolah Dasar di Kecamatan Cicalengka serta mengevaluasi dampaknya terhadap minat dan motorik dasar siswa. Metode yang digunakan adalah mixed methods dengan desain sequential explanatory, melibatkan 10 guru sebagai sampel melalui teknik total sampling. Data kuantitatif dikumpulkan menggunakan kuesioner pre-test dan post-test, lembar observasi minat, dan TGMD-3, sedangkan data kualitatif diperoleh melalui wawancara dan observasi terbuka. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pemahaman guru yang signifikan, dari 70% berkategori "Kurang" menjadi 100% berkategori "Baik" dan "Sangat Baik". Sebanyak 90% guru melaporkan minat siswa "Meningkat Sangat Tinggi", dan 100% guru menyatakan terjadi peningkatan motorik dasar siswa, dengan 80% di antaranya pada kategori "Tinggi". Disimpulkan bahwa pelatihan ini efektif dalam meningkatkan kompetensi guru serta menciptakan lingkungan pembelajaran yang menyenangkan untuk mengoptimalkan minat dan perkembangan motorik dasar siswa. Model ini direkomendasikan untuk dikembangkan lebih luas.

Diterbitkan

2025-10-13