Assertive Training dalam Pendidikan Jasmani

Penulis

  • Linggi Andiri SMAN 1 Jampangkulon
  • Akhmad Olih Solihin STKIP Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.37742/aksararaga.v1i1.13

Kata Kunci:

Assertive Training, Pendidikan Jasmani

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang penerapan Assertive Training dalam pendidikan jasmani di tingkat Sekolah Menengah Atas serta pengaruhnya terhadap perkembangan perilaku asertif siswa, khususnya kemampuan siswa dalam mengekspresikan dirinya serta kemampuan siswa untuk menolak terhadap sesuatu hal yang tidak menyenangkan bagi dirinya. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain The Randomized Pretest-Posttest Group Design. Lokasi penelitian dilakukan di SMA Tutwuri Handayani Cimahi dengan banyaknya Sampel penelitian adalah 24 orang siswa yang diperoleh dengan menggunakan teknik Random Sampling. Data penelitian diperoleh dari hasil pengukuran menggunakan The Rathus Assertiveness Schedule (1973). Data yang diperoleh diolah menggunakan pendekatan statistik T-Paired Test dengan bantuan IBM SPSS Statistics 23. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Assertive Training dalam pendidikan jasmani dapat membantu mengembangkan perilaku asertif siswa di SMA Tutwuri Handayani Cimahi. Dengan mengintegrasikan Assertive Training ke dalam pendidikan jasmani, maka akan semakin berkembang perilaku Asertif siswa. Implikasinya adalah diharapkan pendidikan jasmani yang diberikan di sekolah tidak hanya sebagai sebuah aktivitas fisik saja, akan tetapi merupakan sarana untuk berlatih asertif sehingga dapat membantu siswa dalam mengembangkan perilaku asertifnya.

Diterbitkan

2019-03-04 — Diperbaharui pada 2019-04-09