WORKSHOP IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI LINGKUNGAN MGMP IPS KABUPATEN BANDUNG BARAT
DOI:
https://doi.org/10.37742/aksararaga.v5i2.106Kata Kunci:
Kurikulum Merdeka, MGMP IPS, pembelajaran berbasis proyek, asesmen formatif, diferensiasi pembelajaranAbstrak
Penerapan Kurikulum Merdeka sebagai kebijakan pendidikan terbaru di Indonesia menuntut perubahan paradigma pembelajaran, khususnya dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPS berperan penting dalam mengembangkan kapasitas guru agar mampu mengimplementasikan prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas workshop implementasi Kurikulum Merdeka yang dilaksanakan di lingkungan MGMP IPS Kabupaten Bandung Barat.
Kata kunci: Kurikulum Merdeka, MGMP IPS, pembelajaran berbasis proyek, asesmen formatif, diferensiasi pembelajaran.