Analisis Instruksi Dalam Kelas Pembelajaran Berbasis Projek Di Smk

Authors

  • Indra Sudrajat STKIP Pasundan
  • Alviaderi Novianti STKIP Pasundan
  • Sri Widianiningsih
  • Feniawati Darmana
  • Veny Juniarni Hardi
  • Retno Wiyati

DOI:

https://doi.org/10.37742/aksararaga.v6i1.96

Keywords:

Analisis Instruksi dalam PjBL, Pembelajaran Projek, Kurikulum Merdeka

Abstract

Pembelajaran menggunakan metode PjBL ini sudah popular dilaksanakan di sekolah menengah umum, namun hal ini belum secara penuh dilaksanakan di sekolah sekolah menengah kejuruan (SMK). Okeh karena itu ujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk membantu para guru pendidikan bahasa Inggris dalam menerapkan penggunaan instruksi mengajar dalam PjBL yang merupakan salah satu strategi pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka. Salah satu SMK di Garut terpilih untuk menjadi lokasi dimana model pembelajaran ini diterapkan. Diikuti oleh 27 siswa, model pembelajaran ini dilakukan dengan melalui tahapan Building knowledge of Field (BKOF), Supporting reading, Modelling/ Deconstruction, Joint construction, dan Independent user of Genre. Selama pelaksanaan model pembelajaran ini, siswa terlihat antusias mengikuti dan terlibat langsung dalam pemilihan materi pembelajaran, selain itu mereka juga memberi saran dan koreksi atas kalimat paraphrase yang dibuat temannya serta bersemangat untuk membuat bulletin di kelas pada pertemuan selanjutnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan instruksi yang tepat  pada  pembeljaran berbasis projek (PjBL) di kelas, selain bisa mengoptimalkan waktu pembeljaran di SMK juga  bisa mengoptimalkan kemampuan siswa dalam belajar bahasa Inggris. Oleh karena itu diharapkan guru- guru SMK mempelajari lebih lanjut mengenai penerapan instruksi pembelajaran yang tepat.

 

Downloads

Published

2024-04-25