KEGIATAN FASILITASI ENGLISH CLUB DI SMAN 3 CIMAHI

Authors

  • Ridha Mardiani STKIP Pasundan
  • Dina Fitriana STKIP Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.37742/aksararaga.v7i1.36

Keywords:

English, Siswa SMA, English Club

Abstract

Sebagaimana dimandatkan dalam Permendikbud No. 3 Tahun 2020 dimana dosen wajib memenuhi kewajiban pengabdian kepada masyarakat (PKM), tim PKM Prodi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Pasundan yang terdiri dari 4 anggota akan melakukan pengabdian penerapan ilmu pengetahuan sesuai dengan bidang keahlian dengan terlibat dalam kegiatan English Club di SMAN 3 Cimahi. Kegiatan ini berlangsung dalam satu bulan dimana tim PKM telah berpartisipasi merancang kegiatan dan terjun dalam kegiatan English Club tersebut. Dalam mengembangkan materi untuk kegiatan ini, dua teori yang diacu ialah critical pedagogy (CP) dan translingualism untuk mendorong pemikiran kritis dalam kegiatan yang dititikberatkan pada kegiatan berbicara dan mendukung penggunaan bahasa yang bermakna dengan pendekatan translingualism. Pada kegiatan ini, tim PKM merancang kegiatan ini dalam jangka waktu satu bulan dan melibatkan mahasiswa dalam pelaksanaannya. Pelaksanaan kegiatan dilakukan dalam dua pertemuan dengan tema yang diperoleh dari anggota English Club dan difasilitasi oleh mahasiswa yang terlibat. Tema yang pertama ialah Palestine dan yang kedua ialah artificial inteligence (AI). Pada petemuan pertama, sebagian besar anggota club berusaha untuk mengungkapkan pendapatnya dalam bahasa Inggris, namun ada beberapa anggota yang masih belum percaya diri dan lebih banyak menggunakan bahasa Indonesia. Pada pertemuan kedua, anggota club yang tadinya kurang percaya diri mulai berani menggunakan mixed language dan fokus pada pengungkapan pendapat kritis mereka.

Downloads

Published

2025-04-25 — Updated on 2025-04-25