Pelatihan Metode Role-Playing Berbasis Culturally Responsive Teaching Bagi Guru PJOK dalam Menanamkan Nilai Sportivitas di Sekolah Menengah Pertama

Authors

  • Budiman Budiman STKIP Pasundan
  • Hendya Alif Junanda STKIP Pasundan
  • Diky Hadyansah STKIP Pasundan
  • Muhammad Ilham Noer 'Alim STKIP Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.37742/aksararaga.v7i2.122

Keywords:

Role-Playing, Culturally Responsive Teaching, Sportivitas, PJOK

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan meningkatkan kompetensi guru PJOK Sekolah Menengah Pertama (SMP) dalam menerapkan metode role-playing berbasis Culturally Responsive Teaching (CRT) untuk menanamkan nilai sportivitas pada siswa. Latar belakang kegiatan ini adalah rendahnya sikap sportivitas siswa dalam pembelajaran PJOK yang lebih menekankan pada keterampilan teknis dibandingkan aspek afektif. Metode pelaksanaan dilakukan melalui analisis kebutuhan, pelatihan dalam bentuk workshop, micro teaching, pendampingan implementasi di kelas, evaluasi, dan tindak lanjut. Khalayak sasaran adalah 20 guru PJOK dari tiga SMP mitra di Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman guru sebesar 78% berdasarkan perbandingan skor pre-test dan post-test, serta keterampilan guru dalam micro teaching mencapai kategori baik (rata-rata skor 82 dari 100). Observasi kelas juga menunjukkan adanya peningkatan perilaku sportif siswa, khususnya dalam menerima kemenangan dan kekalahan.

Downloads

Published

2025-10-13