Mengintegrasikan Siklus Pembelajaran Genre (Glc) Dalam Pembelajaran Berbasis Projek (Pjbl) Di Kelas

Penulis

  • Martina Mulyani STKIP Pasundan
  • Susie Kusumayanthi STKIP Pasundan
  • Novandy Adhitya STKIP Pasundan
  • Emma Malia STKIP Pasundan
  • Iis Suryani Herdiah STKIP Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.37742/aksararaga.v6i1.95

Kata Kunci:

Siklus Pembelajaran Genre, Pembelajaran Projek, Kurikulum Merdeka

Abstrak

Abstrak. Pembelajaran GLC dan PjBL ini sudah popular dilaksanakan di sekolah menengah umum, akan tetapi ia masih jarang di gali di sekolah menengah kejuruan (SMSK) Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk membantu para guru pendidikan bahasa Inggris dalam menerapkan GLC dalam PjBL yang merupakan salah satu strategi pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka. Salah satu SMK di Garut terpilih untuk menjadi lokasi dimana model pembelajaran ini diterapkan. Diikuti oleh 27 siswa, model pembelajaran ini dilakukan dengan melalui tahapan Building knowledge of Field (BKOF), Supporting reading, Modelling/ Deconstruction, Joint construction, dan Independent user of Genre. Selama pelaksanaan model pembelajaran ini, siswa terlihat antusias mengikuti dan terlibat langsung dalam pemilihan materi pembelajaran, selain itu mereka juga memberi saran dan koreksi atas kalimat paraphrase yang dibuat temannya serta bersemangat untuk membuat bulletin di kelas pada pertemuan selanjutnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengintegrasian GLC pada  pembeljaran berbasis projek (PjBL) di kelas, selain bisa mengoptimalkan waktu pembeljaran di SMK juga  bisa mengoptimalkan kemampuan siswa dalam belajar bahasa Inggris. Oleh karena itu diharapkan guru- guru SMK mempelajari lebih lanjut mengenai pembeljaran GLC.

Diterbitkan

2024-04-25