Optimalisasi Pemahaman Physical Literacy Dan Penggunaan Instrumen Pl-C Quest Pada Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Authors

  • Gita Friskawati STKIP Pasundan
  • Rizal Ahmad Maulana STKIP Pasundan
  • Kolbi Setra STKIP Pasundan
  • Siti Halimah STKIP Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.37742/aksararaga.v5i2.89

Keywords:

Physical literacy, instrumen PL-C Quest, Pendidikan Anak Usia Dini

Abstract

Physical literacy merupakan sebuah konsep baru di dunia pendidikan jasmani. Physical literacy sangat penting dikembangan dan diukur pada masa anak usia dini untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak secara holistik. Kegiatan ini fokus pada optimalisasi pemahaman mengenai pentingnya physical literacy dan pengukurannya menggunakan instrumen PL-C Quest bagi anak pendidikan usia dini. Metode pelatihan yang digunakan melibatkan ceramah, demonstrasi dan diskusi. Kegiatan diikuti oleh enam orang guru pendidikan anak usia dini di TK Negeri Pembina Cimahi beserta satu orang kepala sekolahnya. Hasil penelitian menunjukkan adanya pemahaman dan kesiapan guru dalam menerapkan pengukuran physical literacy menggunakan instrumen PL-C Quest. Kegiatan ini berhasil meningkatkan kesadaran dan kemampuan guru dalam memahami konsep dan pentingnya physical literacy di lingkungan pendidikan anak usia dini, terutama bagi anak untuk mendukung pertumbuhan dan perkembanyannya secara holistik. Kesimpulan dari penelitian ini menekankan pentingnya pelatihan dan sosialisasi dalam implementasi pembelajaran aktivitas fisik untuk mendukung physical ligteracy dan pengukuran yang tepat bagi anak menggunakan PL-C Quest.

Downloads

Published

2023-10-26 — Updated on 2023-10-25