SOSIALISASI METODE PEMBELAJARAN BERMAIN DILUAR RUANGAN ANAK USIA DINI: Pengabdian Kepada Masyarakat

Authors

  • Andy Supriady STKIP Pasundan
  • Nancy Trisari Schiff STKIP Pasundan
  • Dedi Kurnia STKIP Pasundan
  • Ali Budiman STKIP Pasundan
  • Heru Sulistiadinata STKIP Pasundan
  • Vicki Ahmad Karisman STKIP Pasundan
  • Gita Febria Friskawati STKIP Pasundan
  • Diky Hadyansah STKIP Pasundan
  • Aditya Permana STKIP Pasundan
  • Rizki Maludin STKIP Pasundan
  • Rifqi Priyana STKIP Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.37742/aksararaga.v4i2.54

Keywords:

Outdoor, Anak Usia Dini, Pembelajaran

Abstract

Bermain di luar ruangan, khususnya akan memberikan kesempatan belajar dan berkembang yang unik dalam pendidikan anak usia dini. Bermain di luar ruangan penting bagi anak-anak dalam hal perkembangan fisik, perkembangan kognitif, perkembangan sosial dan emosional, serta pembelajaran akademis. Dengan berpartisipasi dalam aktivitas fisik yang kompleks dan menghabiskan lebih banyak waktu bermain di luar ruangan akan terkait dengan kesiapan sekolah. Pengabdian ini bertujuan agar guru-guru mengetahui   apa-apa   saja   metode pembelajaran yang   dapat digunakan   didalam   proses   pengembangan   motorik kasar anak.   PKM   ini dilaksanakan di TK Nurul Aulia Cimahi dikuti oleh 4 orang guru dan 15 siswa/siswi. Kegiatan  ini  dilaksanakan  dalam  4  sesi  dimana  sesi satu merupakan sosialisasi program outdoor play, sesi kedua dan ketiga implementasi program, dan sesi ke empat evaluasi program. Hasil kegiatan PKM ini menjadi data hasil tes keterampilan motorik kasar siswa/siswi sebagai responden, serta menjadi rekomendasi dan rujukan sekolah dan guru untuk memberikan metode pembelajaran yang dapat menunjang perkembagan anak usia dini dengan menggunakan program luar ruangan (outdoor play).

Downloads

Published

2022-10-10 — Updated on 2022-10-10