Pelatihan Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran Pjok Pada Siswa Sdn Kota Bandung

Authors

  • Bambang Gatot Sugiarto STKIP Pasundan
  • Agus Santosa STKIP Pasundan
  • Cici Kurniati STKIP Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.37742/aksararaga.v7i1.37

Keywords:

Kurikulum Merdeka Belajar, PJOK, Pelatihan Guru, Pembelajaran Kreatif

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) di SDN Kota Bandung. Kurikulum Merdeka memberikan ruang lebih fleksibel bagi guru untuk mengembangkan metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa, termasuk dalam mata pelajaran PJOK. Namun, banyak guru PJOK yang masih kesulitan dalam mengadaptasi kurikulum ini karena keterbatasan pengetahuan dan keterampilan dalam penerapannya. Oleh karena itu, program pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru PJOK dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar melalui pelatihan dan pendampingan yang intensif.

Metode yang digunakan dalam pengabdian ini meliputi survei awal untuk menganalisis kondisi saat ini, dilanjutkan dengan pelatihan berbasis Kurikulum Merdeka yang melibatkan pengembangan keterampilan mengajar dan penggunaan media pembelajaran yang kreatif. Pendampingan langsung akan dilakukan di kelas untuk memastikan penerapan yang efektif dan memberikan umpan balik bagi guru. Program ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PJOK di SDN Kota Bandung, memberikan solusi terhadap kendala yang dihadapi oleh guru, serta menghasilkan modul dan dokumentasi sebagai luaran dari kegiatan ini.

Target luaran yang diharapkan dari kegiatan pengabdian ini antara lain adalah peningkatan kompetensi guru PJOK dalam menerapkan Kurikulum Merdeka, peningkatan keterampilan siswa dalam pembelajaran PJOK, serta produk berupa modul pelatihan yang dapat digunakan oleh sekolah lain. Program ini diharapkan dapat berkontribusi dalam transformasi pendidikan yang lebih fleksibel dan berbasis pada kebutuhan peserta didik  

Downloads

Published

2025-04-25