WORKSHOP IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI LINGKUNGAN MGMP IPS KABUPATEN BANDUNG BARAT

Penulis

  • khaerul syobar STKIP Pasundan
  • Erni Wantini Widaningsih

DOI:

https://doi.org/10.37742/aksararaga.v5i2.106

Kata Kunci:

Kurikulum Merdeka, MGMP IPS, pembelajaran berbasis proyek, asesmen formatif, diferensiasi pembelajaran

Abstrak

Penerapan Kurikulum Merdeka sebagai kebijakan pendidikan terbaru di Indonesia menuntut perubahan paradigma pembelajaran, khususnya dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPS berperan penting dalam mengembangkan kapasitas guru agar mampu mengimplementasikan prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas workshop implementasi Kurikulum Merdeka yang dilaksanakan di lingkungan MGMP IPS Kabupaten Bandung Barat.

Kata kunci: Kurikulum Merdeka, MGMP IPS, pembelajaran berbasis proyek, asesmen formatif, diferensiasi pembelajaran.

Diterbitkan

2023-10-25